Pendahuluan
Pendidikan harus mampu menumbuhkan manusia yang kuat nilai kemanusiaannya, yang memegang teguh nilai-nilai kebajikan. Dalam konteks yang beranekaragam, kita memerlukan pegangan yang mempersatukan. Nilai-nilai kebajikan yang sifatnya universal lah kemudian yang dapat dijadikan “landasan bersama” (common-ground), bagi beragam kepentingan, suku-bangsa, ras, agama, dan antar-golongan. Semangat untuk mengapresiasi dan berpihak pada nilai-nilai yang diperlukan dan menguntungkan anak adalah landasan dalam membawakan peran perubahan di pendidikan. Dengan demikian diharapkan, Bapak/Ibu dapat menilik kembali nilai-nilai yang sudah ada dalam diri pribadi lalu menguatkan yang selaras dengan nilai-nilai dan konsep yang dipromosikan dalam Program Guru Penggerak ini. Bapak/Ibu juga diharapkan untuk menjawab dengan seksama dan mendalam pertanyaan-pertanyaan refleksi yang telah disediakan agar pemahaman Bapak/Ibu akan konsep yang dipaparkan pun menjadi semakin kuat, semakin paham pula bagaimana manusia tergerak dan bergerak, sehingga semakin menghayati bagaimana menggerakkan manusia.
Jurnal refleksi ini dibuat untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan penulis berdasarkan pengalaman pribadi dengan melakukan komparasi keadaan dan perasaan penulis antara sebelum mengikuti pendidikan guru penggerak dengan ketika sedang mengikuti pendidikan guru penggerak. Pendidikan guru penggerak yang sedang dijalani oleh penulis baru berjalan hampir tiga minggu dengan konsentrasi pada modul 1.2 yaitu Nilai Dan Peran Guru Penggerak.
- Facts (Peristiwa)
- Pada tanggal 5 Juni 2022, Bu Arni selaku Fasilitator menyampaikan Schedule Planner 3 untuk CGP A5 Kelas 05.04 selama 1 minggu yang akan datang
Gambar 1. Schedule Planner 3
- Kemudian pada tanggal 6 Juni 2022 kegiatan pembelajaran secara daring melalui LMS diawali dengan membaca materi, membuat catatan dan menjawab pertanyaan. Di dalam LMS, peserta CGP diskusi bersama fasilitator dan peserta CGP lainnya.
Gambar 2. Kegiatan hari Senin 6 Juni 2022
- Pada tanggal 7 Juni 2022, bersama fasilitator kami melaksanakan pembelajaran daring pada LMS dengan dengan cara memberikan 2 (dua) pertanyaan dan memberikan umpan balik. Kemudian di hari selanjutnya bersama anggota kelompok mengadakan diskusi lanjutan untuk membahas tentang tugas yang diberikan oleh fasilitator melalui google meet.
Gambar 3. Kegiatan zoom CGP A5 Kelas 05.04
- Pada tanggal 8 Juni 2022, bersama fasilitator kami melaksanakan google meet untuk membahas Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kemudian di hari selanjutnya bersama anggota kelompok mengadakan diskusi lanjutan untuk membahas tentang tugas yang diberikan oleh fasilitator melalui google meet.
Gambar 4. Kegiatan gmeet CGP A5 Kelas 05.04
- Pada tanggal 9 Juni 2022, bersama fasilitator kami melaksanakan google meet untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Gambar 5. Tugas kelompok A
- Pada tanggal 10 Juni 2022, saya membuat karya dua dimensi gambaran diri masa depan setelah mengikuti kegiatan CGP.
Gambar 6. Karya dua dimensi gambaran diri masa depan setelah mengikuti kegiatan CGP
- Pada tanggal 13 Juni 2022, bersama fasilitator kami Bu Arni selaku Fasilitator menyampaikan Schedule Planner 4 untuk CGP A5 Kelas 05.04 selama 1 minggu yang akan datang.
Gambar 7. Kegiatan Schedule Planner 4 tentnag kolaborasi Kelas 05.4 CGP Angkatan 5 Kab. Bojonegoro
- Pada tanggal 13 Juni 2022, saya membuat karya narasi dalam format presentasi untuk menanamkan nilai-nilai dan peran guru setelah mengikuti kegiatan CGP.
Gambar 8. karya narasi dalam format presentasi
- Pada tanggal 14 Juni 2022, saya melaksanakan kegiatan Elaborasi Pemahaman – Forum Diskusi Bersama instruktur.
Gambar 9. Elaborasi Pemahaman – Forum Diskusi Bersama instruktur
- Pada tanggal 15 Juni 2022, Elaborasi Pemahaman – Forum Diskusi Bersama instruktur.
Gambar 10. Karya Demonstrasi Kontekstual Pemikiran KHD
- Pada tanggal 16 Mei 2022, saya melaksanakan koneksi antar materi
Gambar 11. Schedule Planner 2 untuk CGP A5 Kelas 05.04
- Pada tanggal 18 Juni 2022, mengikuti lokakarya 1 (satu) membuat kaitan antar materi.
Gambar 12. Kegiatan Lokakarya 1 (satu)
- Pada tanggal 27 Juni 2022, saya mempelajari modul 1.3 dan mengerjakan tugas yang berada di LMS.
Gambar 14. Mempelajari Modul 1.3 pada LMS
- Pada tanggal 24 Juni 2022, saya menyusun jurnal Dwi Mingguan dan mengupload di LMS.
- Feelings (Perasaan)
- Perasaan saya setelah menempuh perjalanan CGP selama seminggu ini adalah saya merasa seperti mendapatkan angin segar yang menyejukkan dan cahaya yang menerangi sehingga memperbaiki mindset serta meningkatkan kompetensi, dengan ilmu pengetahuan dan sharing pengalaman baru dari Modul 1.1 hingga modul 1.2 saya menjadi semakin bersemangat mengembangkan potensi diri untuk mewujudkan merdeka belajar sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak, serta memotivasi saya untuk senantiasa berkolaborasi dengan orang lain dan mandiri dalan berinovasi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.
- Dengan belajar melalui LMS dan google meet, dalam dua minggu terakhir saya merasa sangat enjoy karena Pengajar Praktik dan Fasilitator selalu mengingatkan serta menuntun kami agar mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.
- Findings (Pembelajaran)
- Sebelumnya saya berpikir bahwa cara mengajar saya sudah tepat. Sekarang saya berpikir bahwa selama ini saya menggunakan cara pembelajaran yang kurang tepat, karena belum menggunakan prinsip among dan merdeka belajar. Sebelumnya saya sering menggunakaan metode ceramah dan berfikiran bahwa keberhasilan pembelajaran diukur dari nilai siswa, ternyata salah. Sebagai guru bukan hanya mencetak murid agar berhasil di akademiknya saja namun juga harus menuntun murid agar dapat bertumbuh dan berkembang secara cipta, rasa, dan karsa sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehingga tercapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai warga masyarakat. Nilai — nilai Guru Penggerak harus melekat pada diri saya sebagai dasar menjalankan peran saya sebagai Guru penggerak, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan tercipta Profil Pelajar Pancasila yang Berbudi Pekerti dan Berkebudayaan.
- Future (Penerapan)
- Setelah mempelajari dan memahami Modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan menerapkan pemahaman saya hari ini, maka yang pertama kali akan saya lakukan adalah saya akan melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid dengan mengintegrasikan profil pelajar pancasila. Dan menjadi pendidik yang senantiasa menerapkan nilai dan peran guru penggerak disetiap proses pembelajaran di sekolah saya. Melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan menuntun murid menggali dan mengembangkan potensinya sesuai minat dan bakatnya, menempatkan murid pada kursi pemegang kendali proses pembelajaran mereka sendiri.serta cara pembelajaran sesuai karakter anak seperti belajar sambil bermain, Menjadi guru yang mandiri termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah, dinas, atau pihak lain, yaitu dengan mengikuti pelatihan, seminar, workshop, KKG, dan belajar mandiri dari Youtube, Setiap selesai kegiatan tidak hanya berhenti sampai rencana tindakan saja, tetapi juga mengejawantahkannya lewat tindakan nyata sebagai perbaikan yang perlu dilakukan dengan refleksi, melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan baik dari lingkungan sekolah maupun luar lingkungan sekolah, dan menggerakkan komunitas praktisi, Selalu berinovasi dalam pembelajaran agar murid lebih termotivasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta dapat mengembangkan kreatifitas guru maupun murid, dan menjadi coach bagi guru lain, terutama yang terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran bagi murid di sekolah, menemani dan menuntun teman sejawat untuk meningkatkan potensinya .
- Dengan memahami secara utuh tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak dari modul yang telah dipelajari pada LMS CGP ini, saya akan berusaha menerapkan nilai dan peran guru penggerak di lingkungan sekolah saya baik kepada peserta didik maupun kolaborasi dengan rekan sejawat disekolah. Nilai – nilai guru penggerak diantaranya : (1) berpihak pada murid, (2) reflektif, (3) mandiri, (4) kolaboratif, serta (5) inovatif..
Gambar 15. Kegiatan saya dengan rekan sejawat dan peserta didik
- Untuk minggu selanjutnya saya akan lebih semangat dalam mempelajari materi yang ada di dalam modul serta dari fasilitator dan kolaborasi dengan rekan sejawat CGP lainnya untuk sharing ilmu pengalaman